UNY Kembangkan Perpustakan Digital
Jumat, 21 Oktober 2011 21:38:00

JAKARTA (KRjogja.com) - Perkembangan perpustakaan dalam bentuk digital (digital library) untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi semakin pesat. Mengetahui celah tersebut, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) mengembangkan perpustakaan digital berupa 24 unit komputer yang dapat digunakan untuk mengakses informasi.

Unit komputer yang merupakan hibah dari Bank BTN, dapat digunakan mendigitalkan naskah penelitian, pidato pengukuhan, dan jurnal yang selama ini dimiliki UNY. Selain itu Bank BTN juga memberikan bantuan dua mobil yang pengoperasionalannya diserahkan pada Fakultas Ekonomi (FE) dan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM).

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Direktur Utama PT Bank BTN Iqbal Latanro pada Rektor UNY, Rochmat Wahab. Turut hadir dalam kesempatan tersebut pimpinan BTN Cabang Yogyakarta Mamat Setyawan, wakil rektor, para dekan, ketua lembaga, direktur PPs, dan pejabat lain.

Dalam sambutannya Rochmat mengatakan, perpustakaan digital dibutuhkan sebagai embrio dan dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menggali informasi yang dibutuhkan sebanyak-banyaknya. Dengan ini, lanjutnya, mahasiswa akan semakin mudah untuk mengakses informasi.

Bahkan, ke depannya UNY akan membangun gedung untuk perpustakaan digital. "Kami punya impian untuk 30 atau 50 tahun ke depan, UNY tidak hanya dikembangkan di sini tapi juga di tempat lain, yakni Kulonprogo," ujarnya seperti dikutip dari laman UNY, Jumat (21/10/2011).

Sementara Iqbal berharap, adanya perpustakaan digital ini dapat membantu UNY untuk mewujudkan universitas berkelas internasional. Sebagai universitas, tambahnya, tentu tidak bisa mudah menempatkan dana. Sehingga dituntut kreativitas dari universitas itu sendiri untuk membiayai dirinya sendiri.

"Dari kerja sama antara UNY dan Bank BTN, keduanya saling diuntungkan. Kami melihat bahwa digital library adalah satu ide yang sangat baik dan kami langsung merespon. UNY sebagai gudang ilmu dan perpustakaan digital adalah jantung dari pengetahuan," katanya menjelaskan. (Okz/Git)

Bagikan
Minggu, 23 Oktober 2011 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "UNY Kembangkan Perpustakan Digital"

Write a comment