Menteri Pendidikan Nasional, Prof. Dr.Ir.H.Mohammad Nuh , DEA dipastikan akan hadir pada Upacara Dies Natalis UNY yang ke-46, Jumat (21/5) di Auditorium UNY. Di depan civitas akademika UNY dan tamu undangan lainnya, Mendiknas akan menyampaikan pidato Dies Natalis dengan tema” Peran UNY dalam Pengembangan Pendidikan Karakter menuju World Class University”. Acara yang dimulai pukul 8.30. diawali Laporan Tahunan Rektor UNY, Pidato Dies oleh Mendiknas, Sambutan Gubernur DIY, Penghargaan Purnakarya PNS UNY, diakhiri dengan Doa. Sebelum acara Dies, pada pukul 07.00 Mendiknas meresmikan Masjid Al Mujahidin UNY yang baru selesai dipugar.
Rektor UNY, Dr. Rochmat Wahab, MA,MPd menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada semua pihak baik pemerintah, masyarakat (orangtua, dunia usaha dan dunia industri), maupun para ahli baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri serta keluarga besar UNY yang telah berjuang selama 46 tahun untuk membesarkan UNY. Dengan dukungan dari berbagai pihak, saat ini berdasarkan Webometric 2010, UNY menduduki ranking 21 di antara perguruan tinggi negeri dan swasta se-Indonesia, ranking ke 100 se-Asia Tenggara, dan ranking 3135 se-dunia. Posisi ini sungguh patut disyukuri, karena UNY merupakan salah satu institusi yang patut diperhitungkan, di antara institusi lainnya.
Lebih lanjut dikatakannya sebagai institusi yang berfokus pada jasa layanan pendidikan, UNY telah menerima Sertifikat ISO 9001:2000 yang dikeluarkan oleh PT. Sucifindo Jakarta bagi 11 unit kerjanya yaitu 6 fakultas ( FT, FMIPA FBS), FIP, FISE, FIK) , Lembaga Penelitian (Lemlit), Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM), Biro Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Sistem Informasi (BAAKPSI), Biro Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK), dan Unit Pelayanan Teknis Perpustakaa. Dalam rangka menuju WCU, kerjasama luar negeri dan dalam negeri pun terus ditingkatkan. Diantaranya MOU dengan Universitat Bremen (Jerman),The University of Bayreuth (Jerman), The National University Corporation Aichi University of Education (Jepang), Pukyong National University (Korea Selatan), Seameo Voctech (Brunei Darussalam), Mindanao State University (Philippine), University of Malaya (Malaysia), North Illinois University (USA) dan University of North Texas (USA).
Prestasi mahasiswa UNY pun tidak kalah menggembirakan baik dalam bidang penalaran, seni dan olahraga. Diantaranya pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas ) PXXII di Unibraw Malang, UNY memperoleh juara 1 bidang PKMK dan 1 juara 1 bidang PKMM, sehingga UNY berhasil meraih juara umum 4 mengungguli IPB, UGM, dan UNJ.
Prestasi mahasiswa UNY pada bidang olahraga antara lain Pada Pomnas XI di Palembang meraih 3 medali emas pada cabang Atletik, 10 medali emas pada cabang Panahan, 1 medali emas pada cabang Pencak Silat, 1 medali perak pada cabang Atletik, 2 medali perak pada cabang Panahan, 5 medali perak pada cabang renang, 1 medali perak pada cabang taekwondo, 1 medali perunggu pada cabang Atletik, 4 medali perunggu pada cabang Panahan, 2 medali perunggu pada cabang Pencak Silat, 3 medali perunggu pada cabang renang, 2 medali perunggu pada cabang renang (berpasangan dengan mhs USD), dan 1 medali perunggu pada cabang taekwondo. Serta berbagai prestasi dan kegiatan lainnya yang akan dilaporkan Rektor saat Upacara Dies Natalis.
Rektor menegaskan dengan ikon “Bernurani” yang pada hakikatnya in line dengan Kebijakan Kementerian Pendidikan Nasional tentang Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Praktik Pendidikan Indonesia, pada tahun ini UNY bertekad untuk memainkan peran yang lebih besar lagi dalam pengembangan pendidikan karakter menuju World Class University. Dengan begitu UNY tidak hanya ingin mengikuti banchmark pada universitas di luar negeri, melainkan juga UNY perlu mentransformasikannya dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh UNY. Demikian juga, UNY terus bertekad meningkatkan kuantitas dan kualitas karya-karyanya, baik di bidang seni, sains maupun teknologi yang dilandasi dengan nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan. Akhirnya Rektor berharap segala pengabdian dan dukungan yang diberikan oleh semua keluarga besar UNY dan institusi UNY selama ini dihitung sebagai amal ibadah dan UNY tetap diberikan kekuatan dan kemauan untuk terus meningkatkan pengabdiannya di masa-masa mendatang. (lensa).

sumber : http://uny.ac.id

Bagikan
Jumat, 21 Mei 2010 Posted in | | 0 Comments »

One Responses to "MENDIKNAS : PERESMIAN MASJID DAN PIDATO DIES NATALIS UNY"

Write a comment